MITRA DPRD
komunika

BPKP Gelar Mitigasi Fraud di Dinkes Sinjai


  Kamis, 10 Oktober 2019 6:04 am

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. A. Suryanto Asapa (kiri) saat menghadiri Mitigasi Risiko terjadinya Fraud di Aula Dinkes Sinjai, Kamis (10/10) pagi. (foto: Kari/sinjaiinfo)

Sinjai.Info, Sinjai Utara, — Dalam upaya mencegah terjadinya korupsi, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menggelar Mitigasi Risiko terjadinya Fraud di lingkungan Pemerintah Daerah, Kamis (10/10/2019).

BPKP menjadikan Dinas Kesehatan Sinjai dan Dinas Pendidikan Sinjai sebagai sampel Mitigasi. Acara ini bertempat di Aula Dinas Kesehatan Sinjai.

Inspektur Inspektorat Sinjai, Andi Adeha Syamsuri menjelaskan, asesmen ini sangat bermanfaat dalam rangka menciptakan penyelenggaran pemerintahan yang bersih.

“Jadi sesungguhnya kegiatan ini kita mudah mendeteksi secara dini di mana titik-titik terjadinya kecurangan, pelanggaran dan terjadinya korupsi sehingga kita tidak terjerumus di dalamnya,” ucapnya.

Sementara itu Tim Pengendali Teknis Bidang Investigasi II BPKP Sulsel, Gusti Arief mengungkapkan, kegiatan FRA ini merupakan program Bidang Investigasi BPKP dalam upaya pengawasan preventif.

“Di bidang Investigasi, selain kami membantu aparat penegak hukum kami juga membantu bapak-ibu sekalian agar tidak dipanggil aparat penegak hukum,” ungkap Gusti.

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. A. Suryanto Asapa mengatakan, pada Fraud Risk Assessment ini semua kegiatan yang ada di dua OPD itu akan dibedah, melihat di mana saja berpotensi terjadi kesalahan.

“Jadi semua kegiatan yang di Dinkes dan Disdik Sinjai akan kita lihat, contohnya, kegiatan di tahun 2019 itu akan dibedah. Selanjutnya bagaimana prosesnya dan SOP nya,” jelasnya.

(Kari)

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2019 I All Right Reserved

To Top