MITRA DPRD
Ragam

Ingin Fit Saat Puasa? Ikuti Saran Dokter yang Juga Fans PSM Makassar ini


  Selasa, 14 Mei 2019 5:12 am

ist: dr. Zulkifli Thamrin

Sinjai.Info, Sinjai Borong,– Musim pancaroba kadang membuat kondisi fisik menurun. Terutama saat ini dalam kondisi Bulan Suci Ramadan. Untuk yang menjalankan ibadah puasa harus memiliki kiat menjaga kondisi kesehatan agar tetap fit melaksanakan Puasa dan ibadah lainnya di Bulan Ramadan.

Dokter di Puskesmas Biji Nangka, Kecamatan Sinjai Borong, dr. Zulkifli Thamrin, menyarankan beberapa kiat agar kondisi fisik tidak menurun saat menjalankan ibadah puasa. “Cuaca di Sinjai sekarang tidak menentu. Kadang terasa panas, lalu tiba-tiba turun hujan. Pada kondisi ini tubuh kita dipaksa menyesuaikan kondisi cuaca yang berubah-ubah,” kata Dokter yang juga fans fanatik PSM Makassar ini.

Di musim ini, tambahnya, Bakteri maupun Virus dapat berkembang biak dengan cepat. “Makanya dibutuhkan pertahanan tubuh yang bagus agar kondisi tetap fit selama menjalankan ibadah puasa,” tambahnya. Untuk menjaga agar tubuh tetap fit selama menjalankan ibadah puasa di musim pancaroba ini, beberapa hal yang mesti dilakukan menurut dr. Zulkifli Thamrin, sebagai berikut:

1. Usahakan untuk selalu sahur, agar asupan energi dan nutrisi tetap terjaga. Orang yang sahur akan menyimpan energi kurang lebih sampai 12 jam, sisanya akan diambil dari cadangan energi dari otot dan lemak yang bisa membantu sampai berbuka.

2. Perhatikan konsumsi makanan, terutama pada saat sahur dan berbuka. Pada saat sahur disarankan lebih banyak makan makanan yang berserat tinggi. Pada saat buka puasa disarankan makan makanan yang manis seperti Kurma.

3. Hindari Begadang. Pintar-pintarlah mengatur pola tidur pada saat Ramadan, terutama pada malam hari.

4. Pada saat sahur hindari makan makan makanan asin, seperti snack dan sejenisnya karena akan meransang rasa haus.

5. Perbanyak minum air putih sebelum Sahur, setelah Sahur, serta sebelum melaksanakan Salat Magrib dan Salat Isya serta setelah Salat Tarawih.

6. Konsumsi vitamin dan suplemen. Disarankan vitamin yang baik menjaga daya tahan tubuh.

7. Usahakan agar tetap berolahraga,
olahraga yang dianjurkan adalah olahraga yang ringan-ringan saja seperti Jogging, dsb.

(ZAR)

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2019 I All Right Reserved

To Top