MITRA DPRD
Ekobis

Kelompok Pemuda Tani di Sangiasseri Kembangkan Semangka Non Biji


  Selasa, 5 September 2017 1:22 pm

Lurah Sangiasseri saat memberikan sambutan pada pengukuhan kelompok pemuda tani Harapan Kita

Sinjai.Info, Sinjai Selatan,– Kelompok pemuda tani Harapan Kita, yang bekedudukan di Lingkungan Bolaromang, Kelurahan Sangiasseri, Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, terus mengembangkan tanaman semangka non biji.

Tanaman hortikultura jenis ini dibudidayakan sejak dua tahun terakhir, karena melihat prospeknya yang dapat meningkatkan pendapatan para petani.

Sejauh ini, semangka non biji hasil panen kelompok pemuda tani Harapan Kita dijual ke sejumlah supermarket di Kota Makassar. Selain harganya yang lebih tinggi dibanding semangka biasa, masa tanam hingga panen semangka non biji terbilang singkat, yakni hanya tiga bulan, sehingga petani dapat menuai hasil paling tidak tiga kali dalam setahun.

Berangkat dari usaha budidaya tanaman semangka non biji itulah, sejumlah petani yang didominasi kaum muda Lingkungan Bolaromang, kemudian berinisiatif berhimpun dalam wadah yang diberi nama kelompok pemuda tani Harapan Kita.

Kelompok ini dikukuhkan oleh Lurah Sangiasseri, Kecamatan Sinjai Selatan, Andi Akmal Mappagessa, di rumah Andi Abdul Asis, Selasa sore (5/9/2017).

Kelompok pemuda tani Harapan Kita diketuai Andi Mappabiring, dan sekretaris Muhammad Natsir Razak.

Selain mengembangkan semangka non biji, kelompok ini juga telah sukses mengembangkan tanaman hortikultura jenis melon.

“Semoga pemuda tani Harapan Kita dapat lebih maju dalam mengembangkan usaha tani, perikanan, dan perkebunan, khususnya tanaman hortikultura jenis melon dan semangka non biji,” harap Andi Akmal Mappagessa, sesaat sebelum mengukuhkan kelompok pemuda tani Harapan Kita.

Dalam acara pengukuhan yang berlangsung kurang lebih dua jam, juga turut hadir sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Lingkungan Bolaromang, seperti mantan lurah Sangiasseri Andi Haeruddin Hafid, dan Andi Yusran Mappakadja. (ZAR)

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2019 I All Right Reserved

To Top