MITRA DPRD
Info Desa

Komunitas Adat Karampuang Gelar Tradisi Maddui’ Aju


  Sabtu, 30 September 2017 7:02 am

Ratusan warga menarik kayu raksasa jenis Cendana dari dalam hutan. Kayu tersebut akan digunakan sebagai lesung di rumah adat Karampuang

Sinjai.Info, Bulupoddo,– Ratusan orang warga Desa Tompobulu, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai berpartisipasi pada prosesi adat Maddui’ Aju yang dilaksanakan oleh Komunitas adat Karampuang di Desa Tompobulu, Sabtu (30/9/2017) pagi.

Maddui’ aju atau menarik kayu adalah tradisi menarik kayu dari dalam hutan untuk kebutuhan rumah adat, seperti untuk mengganti tiang rumah, dan membuat lesung. Pada tradisi kali ini, yang ditarik adalah kayu untuk lesung.

Kayu yang ditarik dari dalam hutan adalah kayu jenis cendana. Panjangnya sekira tujuh meter, dengan tebal sekira 50 sentimeter. Dibutuhkan waktu tiga jam untuk menarik kayu tersebut.

“Tradisi menarik kayu lesung ini biasanya dilakukan 30 tahun sekali. Hari ini tradisi tersebut kembali digelar karena palungeng atau lesung sebelumnya sudah lapuk,” kata Budayawan, Muhannis yang turut menyaksikan pelaksanaan Maddui’ Aju.

Bulan lalu tambah Muhannis, Maddui Aju juga diadakan untuk mengganti sebagian besar tiang di rumah adat. (ZAR)

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2019 I All Right Reserved

To Top