MITRA DPRD
Ragam

KPAD Gelar Workshop Pencegahan HIV/AIDS


  Senin, 2 Desember 2019 4:15 am

Workshop pencegahan HIV/AIDS dibuka Asisten II Setdakab Sinjai, dr. Nikmat B. Situru. Workshop bertempat di Gedung Pertemuan Hotel Sinjai, Senin (02/12) pagi. (foto: Tamsil/sinjaiinfo)

Sinjai.Info, Sinjai Utara, — Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Sinjai, melaksanakan workshop memperingati Hari AIDS se-dunia tahun 2019.

Workshop dengan tema “Bersama Masyarakat Meraih Sukses” bertempat di Gedung pertemuan Hotel Sinjai, Senin (02/12/2019).

Kegiatan ini dibuka Asisten II dr. Nikmat B. Situru. Ia mengatakan dalam sambutannya, penderita penyakit AIDS dari tahun ke tahun makin meningkat.

“Semakin hari semakin banyak masyarakat meninggal akibat penyakit AIDS. Penyakit ini bisa menular kebanyakan melalui hubungan seks bebas dan paling tinggi penderita HIV/AIDS adalah laki-laki,” beber Asisten 2 Sinjai.

Di Kabupaten Sinjai, jumlah pengidap HIV/AIDS per Januari-November 2019 sebanyak 160 orang, di mana tahun sebelumnya hanya 29 kasus.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, dr A. Suryanto Asapa mengatakan langkah penanganan HIV/Aids yang pertama ada yang disebut penemuan kasus, setelah kasus ini ditemukan selanjutnya adalah ON ARV dengan memastikan semua hasil teks HIV yang positif dirujuk ke layanan PDP untuk mendapatkan pengobatan ART.

“Lalu selanjutnya adalah supress Viral Load dengan mempertahankan DDHA ON ARV, kemudian untuk pencegahan oleh pemerintah daerah adalah dengan terus melakukan sosialisasi tentang dampak yang ditimbulkan atau bahaya penyakit HIV/AIDS, dan terus melakukan perilaku sehat,” urai Kadis Kesehatan.

Kegiatan ini diikuti pengurus TP PKK Kab.Sinjai, Forum Kabupaten Sehat Sinjai, Kelompok HIWAKSI Kab.Sinjai, Organisasi Profesi Kesehatan, para kepala Puskesmas se-Kabupaten Sinjai, Pimpinan Organisasi Pemuda Kab.Sinjai, dan Organisasi Pecinta Alam.

(Tamsil)

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2019 I All Right Reserved

To Top