MITRA DPRD
Ekobis

Melirik Usaha Bedak Penghalus Kulit dari Pulau Sembilan


  Jumat, 29 November 2019 8:36 am

Tampak pengurus UKM Phinisi saat memamerkan produk mereka yang berbahan dasar rumput laut. Salah satunya Bedak Lotong atau Bedak Hitam. (foto: ZAR/sinjaiinfo)

Kulit sehat, halus dan kencang adalah dambaan setiap orang. Khususnya ‘kaum hawa’. Untuk mewujudkannya, cukup oleskan bedak hitam rumput laut dari Pulau Sembilan.

Laporan: Zainal Abidin Ridwan

Kabupaten Sinjai memiliki kecamatan yang kaya akan potensi laut. Kecamatan tersebut adalah Pulau Sembilan yang berada di perairan Teluk Bone. Salah satu potensi di Kecamatan Pulau Sembilan adalah rumput laut.

Selama ini rumput laut yang dibudidayakan di Pulau Sembilan hanya dijual mentah oleh para pedagang. Jika ingin harganya mahal maka dijual dalam kondisi kering. Sebaliknya, jika kondisi basah, harganya tak terlalu tinggi.

Potensi rumput laut yang melimpah ini, membuat sebagian warga Pulau Sembilan melirik hal lain yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan baku rumput laut. Habibie, salah satunya.

Bersama sembilan rekannya, Habibie membuat kelompok Industri Kecil Menengah (IKM). IKM Phinisi. Demikian nama kelompok yang ia dirikan. Usaha rintisan Habibie ini memproduksi aneka produk ber-bahan baku rumput laut.

Beberapa produk yang dihasilkan antaralain keripik rumput laut, selai rumput laut, serta bedak lotong rumput laut. Salah satu yang menjadi andalan adalah bedak lotong atau bedak hitam.

Menurut Habibie, bedak lotong/hitam rumput laut produksi IKM Phinisi diproduksi di Pulau Kambuno, Desa Pulau Harapan.

“Komposisinya, 50 persen rumput laut dan 50 persen beras. Saat ini kami memproduksi kemasan 250 gram dengan harga Rp15 ribu,” jelas Habibie, pada acara Gelar Produk IKM yang diadakan Dinas Perdagangan, Perindustrian dan ESDM Kabupaten Sinjai, di Gedung Pertemuan Hotel Sinjai, Jumat (29/11/2019) pagi.

“Khasiatnya mengencangkan dan menghaluskan kulit,” tambahnya, sembari memperlihatkan cara penggunaan bedak berwarna hitam pekat tersebut. Untuk menghasilkan 20 pack bedak hitam rumput laut, Habibie membutuhkan 2 liter beras dan 1 kilogram rumput laut basah.

Rumput Laut Kaya Vitamin dan Mineral

Berdasarkan sejumlah literatur, rumput laut kaya akan vitamin dan mineral. Di dalam setiap sel rumput laut, terdapat banyak zat yang potensial bagi kesehatan dan kelembutan kulit. Sebut saja asam lemak Omega-3, kalsium serta antioksidan dalam bentuk vitamin C.

Dilansir dari Livestrong, kandungan rumput laut dalam produk kecantikan adalah nutrisi penting untuk pembentukan jaringan kolagen yang berfungsi menghaluskan kulit.

Selain Itu, rumput laut kaya akan yodium yang dapat membantu meningkatkan fungsi tiroid. Kelenjar tiroid menghasilkan asam amino yang menyerap yodium dan menghasilkan zat kimia pengatur metabolisme dalam darah. Lancarnya metabolisme membantu peremajaan kulit. (*)

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2019 I All Right Reserved

To Top