MITRA DPRD
Ekobis

Melirik Usaha Rintisan Komunitas Vespa Sinjai


  Rabu, 19 Juni 2019 2:53 am

Tampak pelanggan memesan minuman di Kafe berjalan KOPAJA di depan Lapangan Nasional, Jalan Persatuan Raya, Sinjai. KOPAJA adalah usaha yang dirintis anggota Komunitas Vespa Sinjai, SIS. Usaha rintisan ini mendapat apresiasi positif dari Wakil Bupati Sinjai. (foto: Agusman/SinjaiInfo)

Sinjai.Info, Sinjai Utara,– ‘Di mana ada kemauan di situ ada jalan’. Ungkapan ini tampaknya dipedomani oleh dua pemuda Sinjai bernama Rahmat Kurniawan dan Asriawan. Keduanya merintis usaha ‘Kafe berjalan’ hanya bermodalkan Motor Vespa.

Ditemui di area Lapangan Nasional, Jalan Persatuan Raya, Kecamatan Sinjai Utara, Rahmat dan Asri, panggilan akrab keduanya, menceritakan awal munculnya ide usaha Kafe berjalan yang diberi nama Kopi Anak Jalanan atau KOPAJA. Termasuk penggunaan Motor Vespa yang dimodifikasi menjadi meja bartender, laiknya Kafe pada umumnya.

Rahmat menuturkan, KOPAJA Sinjai adalah usaha rintisan yang idenya murni berawal dari hobi mereka menggunakan motor Vespa modifikasi alias Scooter. KOPAJA sendiri dibentuk oleh Komunitas Sinjai Independent Scooter (SIS).

“Motor Vespa yang kami gunakan ini dimodifikasi oleh Komunitas Vespa Sinjai atau Sinjai Independent Scooter. Kemudian muncul ide menjadikannya Kafe berjalan itu setelah kami melihat kreativitas yang dilakukan di beberapa daerah lalu kami terapkan di Sinjai,” tutur Rahmat.

Tidak mudah mendesaian motor vespa menjadi sebuah Kafe berjalan. Keduanya butuh waktu sekira 3 bulan merampungkan modifikasi motor hingga mendiskusikan menu yang mesti disajikan. Semangat kuat untuk menciptakan sesuatu hal yang baru membuat prosesnya terlihat mudah bagi.

“Untuk menu, kopi misalnya, kami punya prinsip bahwa Kopi itu harus enak tapi tak perlu mahal,” kata Asriawan disela-sela kesibukannya melayani pelanggan, Selasa (18/6/2019) sore. Untuk menyeruput secangkir Kopi khas KOPAJA, anda hanya perlu mengeluarkan isi dompet Rp 10 ribu.

Selain Kopi, KOPAJA juga menyediakan minuman yang digemari muda mudi seperti Green Tea, Thai Tea, Lemon Tea, hingga Vanila Ice. Semua dijual dengan harga yang terjangkau. “Alhamdulillah, respon masyarakat sangat bagus. Bahkan ibu Wakil Bupati, Hj. A. Kartini Ottong, sudah pernah menikmati minuman yang kami buat di KOPAJA dan beliau mengapresiasi ide kreatif komunitas Vespa Sinjai,” tambah Rahmat Kurniawan.

KOPAJA tidak menetap di satu tempat karena memang dirancang untuk Mobile. Namun untuk mencicipi minuman yang diracik KOPAJA, anda perlu mendatangi lokasi yang kerap menjadi tempat mangkal anak-anak muda seperti di depan Masjid Agung Nujumul Ittihad, dan Area Lapangan Nasional di Jalan Persatuan Raya.

“Jika ada ulang tahun atau acara lainnya, kami pun siap diajak bekerjasama,” pungkasnya. Bagi anggota komunitas Vespa di KOPAJA, ide itu mahal namun tetap terbuka jika ada anak-anak muda Sinjai yang mau mengadopsi usaha serupa. Ini karena KOPAJA dirancang menjadi pemantik bagi lahirnya ide kreatif anak-anak muda Sinjai.

(Agusman/ZAR)

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2019 I All Right Reserved

To Top