MITRA DPRD
Info Desa

Puskesmas Pulau Sembilan Rutin Periksa Kesehatan Siswa di 15 Sekolah


  Kamis, 28 September 2017 5:26 am

Tenaga kesehatan dari Puskesmas Pulau Sembilan saat memeriksa kondisi penglihatan siswa di SDN 126 Kambuno, Rabu (27/9)

Sinjai.Info, Pulau Sembilan,– Sebanyak 15 sekolah dari berbagai tingkatan di Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai rutin mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan oleh Puskesmas Kecamatan Pulau Sembilan.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan secara berkala oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas, dengan cara mengunjungi semua sekolah di Kecamatan Pulau Sembilan. Ada 8 tenaga kesehatan yang biasanya turun melakukan pemeriksaan. Mereka terdiri dari dokter, dan perawat.

“Kalau yang saat ini kami lakukan adalah pemeriksaan kesehatan berkala. Jadwalnya dua kali dalam enam bulan, dan semua siswa diperiksa kesehatannya. Ada juga kegiatan penjaringan, tapi itu khusus untuk pemeriksaan kesehatan siswa Kelas 1 SD,” beber Kepala Puskesmas Pulau Sembilan, Asri Rajja, Rabu (27/9/2017) siang.

Kepala PKM Pulau Sembilan, Asri Rajja

Asri menjelaskan bahwa pemeriksaan berkala maupun penjaringan, menjadi kegiatan rutin yang dilakukan Puskesmas. “Kami juga saat ini bersiap mengikuti akreditasi Puskesmas tahun 2018. Terlebih dahulu kami akan melakukan kunjungan ke Puskesmas Panaikang Sinjai Timur, karena mereka sudah mendapatkan akreditasi,” tambah Asri yang pernah bertugas di Kecamatan Sinjai Barat.

Salah seorang perawat gigi, Hasmiati ditemui di sela-sela pemeriksaan kesehatan di SDN 126 Kambuno, mengatakan bahwa yang diperiksa oleh mereka adalah kesehatan gigi dan mulut siswa, perkembangan tinggi badan dan berat badan, serta kesehatan mata dan telinga.

“Kami hanya melakukan pemeriksaan. Namun jika ditemukan ada kelainan pada kondisi siswa maka biasanya akan diberikan rujukan ke Puskesmas,”. Khusus kesehatan gigi, Hasmiati mengaku kondisi gigi anak-anak sekolah di Pulau Sembilan secara umum sehat. “Hanya kebiasaan gosok gigi yang perlu ditingkatkan,” ungkapnya. (ZAR)

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2019 I All Right Reserved

To Top