MITRA DPRD
Wisata

Ratusan Pengunjung Hadiri Festival Batu Pake Gojeng


  Jumat, 5 Juli 2019 10:46 am

Seniman dari berbagai daerah berkumpul di Festival Batu Pake Gojeng, Jumat (5/7) sore. Mereka melakukan pementasan seni budaya di Taman Purbakala Batu Pake Gojeng. Kegiatan ini diinisiasi LSM Latar Nusa bekerjasama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai. (foto: ZAR/sinjaiinfo)

Sinjai.Info, Sinjai Utara,– Wakil Bupati Sinjai, Hj. A. Kartini Ottong, menghadiri sekaligus membuka Festival Batu Pake Gojeng di Taman Purbakala Batu Pake Gojeng, Kecamatan Sinjai Utara, Jumat (5/7/2019) sore. Festival Batu Pake Gojeng digagas oleh LSM Latar Nusa bekerjasama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai.

Festival Batu Pake Gojeng yang baru pertama kali digelar ini, kata Wakil Bupati, menjadi salah satu sarana mempromosikan situs purbakala di Gojeng yang selama ini dikenal sebagai cagar budaya di Sulawesi Selatan. Kartini berharap even ini menjadi kegiatan rutin di Batu Pake Gojeng.

“Saya berharap kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan agar menjadikan kegiatan ini sebagai even tahunan. Festival Batu Pake Gojeng ini adalah sarana mempromosikan wisata kita di Sinjai,” pesan Wakil Bupati. Sebelumnya saat laporan panitia pelaksana oleh Kepala Disparbud Sinjai, Yuhadi Samad, juga sudah menyampaikan permohonan kepada Bupati melalui Wakil Bupati untuk menjadikan Festival Batu Pake Gojeng sebagai kegiatan tahunan.

Usai acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan Manre Sipulung atau duduk bersama menikmati kue dan minuman tradisional yang disuguhkan oleh panitia pelaksana. Manre Sipulung ini dilakukan di pelataran Batu Pake Gojeng. Wakil Bupati dan undangan lainnya hanya duduk beralaskan daun pisang lalu menikmati kue khas Sinjai bersama warga lainnya.

LSM Latar Nusa yang dipimpin oleh putra daerah Sinjai, Andi Halilintar Latief, pada kegiatan ini juga menyuguhkan pementasan seni budaya Batu Pake Gojeng. Pementasan ini melibatkan seniman-seniman dari Kabupaten Sinjai, Bone, Pangkep, Buton serta daerah lainnya di Sulawesi Selatan.

Ratusan pengunjung memadati acara ini. Tampak hadir sejumlah seniman dan budayawan seperti M. Yusuf Ahmad dan Muhannis. Juga hadir Dandim 1424 Letkol Inf Oo Sahrojat dan Waka Polres Sinjai, Kompol Syahruddin.

(Satrianingsih/Agusman)

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2019 I All Right Reserved

To Top